Kamis, 25 Juli 2024

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN_MODUL 2.3_NADI

 

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN _ Modul 2.3

COACHING UNTUK SUPERVISI AKADEMIK

NADI, S.Pd.

CGP ANGKATAN 10 Kelas 153 b

SD NEGERI KARANGMALANG 1 KASREMAN

KABUPATEN NGAWI

Pengajar Praktik


Suranto Wahyu Nugroho, S.T.,M.T

Fasilitator


Winarti, S.Pd.,M.Pd.


Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabaroakatuh

SALAM GURU PENGGERAK ( Tergerak, Bergerak, Menggerakkan )

 

Salam dan Bahagia Bapak Ibu Guru Hebat dimana pun Anda berada. Kembali lagi dengan saya Nadi, S.Pd. Calon Guru Penggerak Angkatan 10 dari SD Negeri Karangmalang 1 Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur. Pada kesempatan ini saya akan menulis tentang apa yang sudah saya lakukan pada pendidikan Guru penggerak di materi Modul 2.3 yaitu Coaching Untuk Supervisi Akademik

Jurnal Dwi mingguan ini saya tulis untuk menggambarkan refleksi saya setelah mempelajari Modul 2.3 dan ini merupakan tugas setelah berakhirnya modul yang dipelajari sebagai seorang Calon Guru Penggerak. Saya akan menuliskan semua pengalaman saya dan semua yang saya rasakan selama mempelajari modul 2.3 ini dalam artikel ini dengan model refleksi 4P/4F yang diprakarsai oleh Dr. Roger Greenaway yaitu:

 

1. PERISTIWA/FACT

 

Pembelajaran Modul 2.3 ini dimulai tanggal 8 Juli 2024 dengan kegiatan pembelajaran 1 yaitu mulai dari diri , dalam fase pertama pembelajaran CGP diminta merefleksikan hal-hal yang terkait supervise akademik dan pengembangan kompetensi diri dengan pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan Observasi akademik oleh kepala sekolah. Kegiatan selanjutnya  adalah pembelajaran 2.3.a.4.1 Eksplorasi Konsep  dengan 4 materi yaitu mengenai Konsep Coaching secaraa umum dan konsep Coaching dalam Konteks Pendidikan, Paradigma Berpikir dan Prinsip Coaching, Kompetensi Inti Coaching dan TIRTA sebagai Alur percakapan Coaching, 

Supervisi Akademik dengan Paradigma Berpikir Coaching. Dilanjutkan dengan pembelajaran 2.3.a.4.5 Eksplorasi Konsep Forum diskusi yang mana setiap CGP memberikan pernyataan mengenai keterkaitan keterampilan Coaching dengan Supervisi Akademik dan CGP menanggapi jawaban  minimal 3 CGP.

Pada hari Senin, 15 Juli 2024 kami melaksanakan kegiatan  pembelajaran 2.3.a.5 di ruang kolaborasi bersama Fasilitator Ibu Winarti, S.Pd.M.Pd dan rekan Calon Guru Penggerak Angkatan 10. Tugasnya adalah sesi Latihan praktik Coaching ( Menjadi Coach dan Coachee secara bergantian) dengan teman 1 kelompok. Kelompok di bagi menjadi 5 kelompok, kebetulan saya dengan CGP Ibu Harmini menjadi kelompok 1.




Pada hari Selasa, 16 Juli 2024 kami dipertemukan Kembali dalam kegiatan 2.3.a.5.1 ruang kolaborasi 2 dengan kegiatan Praktik Coaching dengan salah satu anggota kelompok yang sudah ditentukan oleh fasilitator dan saya masih tetap dengan CGP Ibu Harmini dan selanjutnya rekaman hasil praktik diunggah dalam LMS https://www.youtube.com/watch?v=cBp4LwhLrus




Tugas kami masih berlanjut di Pembelajaran 4 yaitu kegiatan Demonstrasi kontekstual. Yakni mebuat video terkait Coaching dalam Supervisi  Akademik bersama teman sesama CGP yaitu saya/Nadi, Bu Sri Mei Ekowati dan Bpk Achmad Taufik (CGP kelas 155 b) . Yang mana kami bertindak sebagai Supervisor, Coach, dan Coachee secara bergantian, namun yang diunggah di LMS adalah CGP yang berperan sebagai Supervisor. Dari praktik tersebut kami upload di youtube dan unggah LMS https://youtu.be/qF5Jq3NPD4w

Kemudian beberapa hari berikutnya, yakni Jumat, 19 Juli kami bergabung dalam pembelajaran 5 kegiatan 2.3.a.7.1 ruang elaborasi pemahaman bersama instruktur Bpk. Henri Rianto, M.Pd. dengan didampingi oleh fasilitator, pengajar praktik, dan rekan CGP lainnya.

 Kegiatan yang dilakukan adalah menyimak pemaparan instruktur, tanya jawab, dan memperdalam materi pembelajaran modul 2.3


Adapaun tugas selanjutnya adalah Pembelajaran 6 membuat Koneksi antar materi yang memuat tentang keterkaitan modul 2.3 Coaching Untuk Supervisi Akademik dengan Modul 2.1 Pembelajaran Berdiferensiasi dan 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional.Tugas tersebut saya unggah di blogger saya dan LMS. https://nadishidiq123.blogspot.com/2024/07/koneksi-antar-materi-modul-23-coaching.html

Kegiatan modul 2.3 diakhiri dengan pembelajaran 7 kegiatan Aksi Nyata. Yang mana kegiatan tersebut diupload di Youtube dan diunggah pada LMS.

2. PERASAAN/FEELING

 

Perasaan selama mempelajari modul 2.3 tentang Coaching Untuk Supervisi Akademik adalah lebih paham  dan mampu memiliki paradigma berpikir coaching dalam berkomunikasi dalam rangka mengembangkan kompetensi rekan sejawat, mampu menerapkan praktik komunikasi memberdayakan dengan menggunakan paradigma berpikir dan prinsip coaching dan dapat melakukan percakapan berbasis coaching dalam komunitas sekolahnya untuk mengembangkan kompetensi rekan sejawat. Namun, ada perasaan cemas juga setelah mempelajari modul ini, saya cemas jika saya tidak mampu melaksanakan Coaching dengan baik dan netral. Tetapi semua itu menjadi sebuah tantangan untuk selalu berfikir optimis bahwa jika ada kemauan pasti ada jalan untuk menjadi lebih baik.

 

3. PEMBELAJARAN/FINDING

 

Pembelajaran berharga yang diperoleh dari pembelajaran di modul 2.3 Coaching Untuk Supervisi Akademik yakni saya mendapatkan pelajaran bahwa saya harus mampu menjelaskan konsep coaching secara umum, membedakan coaching dengan pengembangan diri lainnya, yaitu mentoring, konseling, fasilitasi, dan training. menjelaskan konsep coaching dalam dunia pendidikan sebagai pendekatan pengembangan kompetensi diri dan orang lain (rekan sejawat).

Menjelaskan paradigma berpikir coaching dalam komunikasi yang memberdayakan untuk pengembangan kompetensi, Menjelaskan prinsip-prinsip coaching dalam komunikasi yang memberdayakan untuk pengembangan kompetensi, Mengaitkan antara paradigma berpikir dan prinsip-prinsip coaching dengan supervisi akademik, Membedakan antara coaching, kolaborasi, konsultasi, dan evaluasi dalam rangka memberdayakan rekan sejawat, Melakukan percakapan coaching dengan alur TIRTA.

Mempraktikkan tiga kompetensi inti coaching: coaching presence, mendengar aktif, dan mengajukan pertanyaan berbobot dalam percakapan coaching, Menjelaskan jalannya percakapan coaching untuk membuat rencana, melakukan refleksi, memecahkan masalah, dan melakukan kalibrasi, Memberikan umpan balik dengan paradigma berpikir dan prinsip dan coaching, Mempraktikan rangkaian supervisi akademik yang berdasarkan paradigma berpikir coaching.

 

4. PENERAPAN KE DEPAN/FUTURE

 

Hal yang akan saya lakukan selanjutnya yaitu melaksanakan supervisi akademik baik dengan murid maupun teman sejawat mengenai permasalahan Pendidikan yang dialami baik di kelas maupun menyelesaiakn permasalahan lain (mentoring, konseling, Fasilitasi) agar Pendidikan di lingkup sekolah dapat berjalan dengan baik dan lancar.

 

Wassalamu'alaikum Warohmatullahi wabarokatuh

GURU BERGERAK, INDONESIA MAJU











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.1_NADI

  JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.1 PENGAMBILAN KEPUTUSAN BERBASIS NILAI-NILAI KEBAJIKAN NADI, S.Pd. CGP ANGKATAN 10 KELAS 153 ...